Selasa, 15 April 2008

Philosofi CREDIT UNION

A K T U A L

Philosopi CU: People Helping People HelpThemselves

Sepintas, berbagai lembaga keuangan tampil tidak jauh beda. Namun ketika anda melihat jauh ke dalam, credit union tampak menonjol. Credit union memiliki tujuan yang benar-benar berbeda. Credit union adalah bisnis untuk membantu anggota meningkatkan standar hidupnya melalui pencapaian sasaran-sasaran keuangan yang dimiliki para anggota. Credit union adalah bisnis untuk menyediakan pelayanan keuangan kepada anggota dengan biaya yang serendah mungkin. Credit union menyediakan kendaraan; para anggota menggunakan kendaraan tersebut supaya sampai pada tujuan keuangan mereka. Apa yang bukan menjadi bisnis kita adalah untuk menciptakan uang sebanyak mungkin bagi organisasi atau pemegang saham (stockholder). Bagaimana credit union membantu para anggotanya? Cara satu-satunya adalah dengan menawarkan pelayanan keuangan kepada anggota, pelayanan yang kadangkala tidak disediakan oleh lembaga keuangan lain. Credit union menambahkan manfaat keuangan kepada anggota dengan biaya yang lebih rendah dan tingkat laba yang lebih tinggi. Credit union membantu anggota dengan menawarkan pendidikan agar hidup hemat, kredit, dan pelayanan lain yang menguntungkan. Credit union mendengarkan aspirasi para anggotanya. Credit union terlibat dalam kehidupan keuangan para anggotanya, dan credit union membantu anggota agar hidup sejahtera dan berjangka panjang.

Bagaimana Credit Union bisa Berbeda

Credit union adalah unik di sektor keuangan—bukan tentang seberapa banyak apa yang dilakukannya, tetapi tentang bagaimana dan mengapa melakukannya. Memahami “bagaimana” dan “mengapa” ini merupakan kebutuhan penting untuk diketahui oleh para pengurus credit union. Tiga karakteristik yang membedakan credit union dari lembaga lain yang menawarkan pelayanan serupa:
Credit union adalah koperasi, yang dimiliki oleh para anggotanya dan mereka mengawasinya secara demokratis.
Credit union beroperasi tidak untuk mencari keuntungan.
Credit union percaya penuh kepada para sukarelawan dalam kegiatannya.

Kepemilikan dan Pengawasan

Ketika orang mengatakan, “Ini credit union ku,” mereka mengetahui maknanya. Tidak seperti lembaga keuangan lain, credit union dimiliki oleh orang-orang yang menerima pelayanan dari credit union tersebut. Anggota mengawasi organisasi terutama dalam memilih orang-orang, yang juga adalah anggota, sebagai pengurus credit union. Pengurus memandu credit union atas nama anggota. Jika anggota tidak setuju dengan tindakan para pengurus, para anggota dapat mengubah arah organisasi dengan memilih pengurus yang baru. Para anggota juga mengarahkan credit union melalui tindakannya, resolusi yang dibuat, dan hak suara pada rapat anggota tahunan atau rapat anggota khusus. Pemilihan pengurus credit union dilakukan secara demokratis. Apapun isunya, setiap anggota dewasa berhak memilih. Selanjutnya, setiap anggota dewasa hanya memiliki satu hak suara tidak memandang berdasarkan seberapa banyak yang bersangkutan memiliki simpanan atau seberapa besar pinjaman di credit union.Struktur kepemilikan credit union jelas berdasarkan beberapa istilah khusus yang digunakan. Misalnya, simpanan saham, menyatakan proporsi credit union yang dimiliki oleh anggota. Dividen merupakan pengembalian (return) yang dibayarkan kepada pemilik (members) berdasarkan besarnya saham yang dimiliki manakala credit union beroperasi dengan berhasil. Deviden selalu dibayar secara teratur, apabila credit union berhasil mengumpulkan keuntungan, tetapi jika tidak, bonus deviden mungkin tidak ada sama sekali. Itulah salah satu resiko menjadi pemilik credit union.

Keterlibatan Para Sukarelawan

Kebanyakan credit union menggaji staf yang profesional. Namun, para anggota yang ditunjuk baik pengurus atau panitia dalam pengurus adalah unik dalam dunia keuangan dimana mereka mengemban tanggungjawab mulia dan menjalankan tugas sebagai pengurus atau panitia dalam pengurus, tanpa imbalan. Tradisi ini didasarkan pada keyakinan bahwa para anggota terlibat karena mereka percaya pada philosofi credit union: People helping people help themselves (Anggota membantu anggota menolong dirinya sendiri).Jumlah dan jenis kerja yang dilakukan oleh para sukarelawan ini pada umumnya bervariasi menurut ukuran credit union. Organisasi yang lebih kecil cendrung dikerjakan secara bersama-sama (menejemen tukang sate)—pada satu situasi. Namun, pada organisasi yang lebih besar, pengurus fokus terutama pada pembuatan perencanaan dan kebijakan.
Perbedaan yang dibicarakan di sini merupakan alasan mengapa credit union menjadi alternatif yang menarik di pasar keuangan. [] (Sumber: Modul 1, CUDCC).

Written by : Munaldus

1 komentar:

AMISHA mengatakan...

Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut